04 September GOOGLE Resmi Terlahir Ke DUNIA - Perjalanan Sejarah Awal Mula Google Sang RAKSASA INTERNET TERBESAR DI DUNIA

Tahukah Kalian - Bahwa Hari ini tepat nya 04 September 1998 - Google terlahir ke Dunia ini, Mengetahui perjalanan sejarah Google penting untuk di ketahui, mengingat saat ini kita tidak bisa terlepas dari Google dari semua Aspek, ga jauh jauh seperti Browsing ya menggunakan Google, Semua Smartphone yg berbasis Android pun itu juga termasuk dari Google, Bahkan bisa di katakan saat ini Google merupakan salah satu Perusahaan Raksasa TERBESAR di Amerika Serikat bahkan di DUNIA saat ini.

Bayangkan saat ini siapa yang tidak Mengenal Google, bahkan Seantero Jagat Dunia Maya sangat Mengenal sekali dng Sang Raksaksa Browser ini. MBAH GOOGLE itulah salah satu Plesetan sebutan bagi para Netizen Indonesia.

A. Bagi Anda yang belum mengetahui Sejarah Google,
B. Kapan Google Berdiri ?
C. Bagaimana Awal Mula Google Berdiri ?
D. Saat ini Terletak di Mana Kantor PUSAT GOOGLE ?
E. Bagaimana Perkembangan GOOGLE Pada Saat ini & Bagaimana Prospek Kedepannya ?

Nah Bagi Kalian yang belum mengetahui, tidak perlu khawatir dan takut dikatakan kurang informasi. Banyak rujukan yang dapat Anda jadikan sumber pencarian sejarah dari google, atau PSM juga akan mencoba membantu Menceritakan tentang KISAH AWAL MULA SEJARAH GOOGLE & BIOGRAFI GOOGLE.

Google didirikan oleh dua orang Mahasiswa Ph.D. Keduanya menempuh gelar tersebut di salah satu universitas bernama Stanford di Amerika. Mereka berdua bernama Larry Page dan Sergey Brin.

Lary Page lahir di Lansing, Michigan - Amerika serikat pada 23 Maret 1973 sedangkan Sergey Brin lahir di moscow pada 21 Agustus 1973. jika dilihat dari background kedua orang ini. Mereka memang dari keturunan orang-orang Jenius, Ibunda Lary Page adalah Profesor di bidang komputer Sains sedangkan Oang tua dari Sergey adalah Ahli dalam bidang ilmu matematika.

Awalnya Pertemuan keduanya antara Lary Page dan Sergey Brin tanpa sengaja, Lary Page yang Alumni S1 Universitas Michigan sedang menikmati kunjungan Libur akhir pekan ditemani Sergey Brin yang mendapat tugas untuk mengantar keliling Lary.

Kedua Pendiri Google ini sering melakukan Sharing - Tukar Fikiran & Saling Berdiskusi, meski kadang muncul perbedaan pendapat maupun pandangan, tapi hal itulah yang menjadikan keduanya memiliki sebuah pendekatan unik. Sebuah pendekatan unik di antara keduanya dalam upaya menyelesaikan sebuah tantangan besar di dunia komputer yang terus mengalami perkembangan.

Tantangan besar tersebut yaitu untuk mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin memutuskan untuk terus mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka. Sejarah google menunjukkan bahwa tepatnya pada bulan Januari 1996, kedua pendirinya mulai berkolaborasi membuat search engine dengan nama BackRub.

Setelah melalui Proses Penyempurnaan akhirnya pada tahun 1997, keduanya sepakat untuk mengganti nama Backrub dengan googol yang berarti 10 pangkat 100. Ini sesuai dengan tujuan & Falsafah mereka, yaitu agar Mesin Pencari ini bisa Menjadi Mesin Pencari berskala sangat besar atau Gudang Informasi tidak terbatas di Internet. Dan pada tahun 1997 ini juga Google.com Resmi terdaftar sebagai sebuah Domain (15 September 1997).

Sejarah Asal Kata Google ini juga Unik, kata Google berasal dari kata Googlo, kata googol pertama kali dikenalkan oleh anak berusia sembilan tahun Milton Sirotta. Dia adalah keponakan ahli matematika asal Amerika Serikat, Edward Kasner.

Suatu ketika Kasner meminta Milton untuk menyebut angka yang paling besar. Lalu secara spontan bocah ini menyebut kata googol. Kasner kemudian menggunakan kata ini dalam buku matematikanya berjudul ‘Mathematics and the Imagination’. Kata ini digunakan untuk mewakili angka 10 pangkat 100, atau angka 10 yang kemudian di belakangnya ditambah 100 angka 0. Kasner menuliskan dalam bukunya dengan ejaan googol. 

Larry dan Sergey terus menyempurnakan Googlo sepanjang tahun 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Googlo. Kerja Keras mereka membuahkan hasil, Akhirnya ada seorang Investor yg berminat & mereka kemudian mendapat suntikan dana dari Andy Bechtolsheim yang ternyata teman kampus mereka, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuana mereka terjadi pada pagi buta di depan asrama mahasiswa fakultas Stanford.

Larry Page dan Sergey memberikan demo secara singkat kepada Andy Bechtolsheim. Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry ( Inilah Awal Mula Penamaan GOOGLE ) seharusnya tertulis Googlo padahal saat itu, Perusahaan dng nama Google belum ada, kejadian ini berbuntut Naas, Cek senilai 100 ribu Dolar As tsb tidak dapat di Cairkan, Kecuali berdiri Sebuah Perusahaan Legal yg bernama GOOGLE.

Akhirnya Investasi dari Andy menjadi dilematis tersendiri. Larry dan Sergey tak mungkin mencairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Oleh Karena itu, mereka kemudian berusaha mencari investasi lagi untuk mendirikan Perusahaan Google. Mereka mencari dana dari keluarga maupun teman mereka hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar.

Dan pada akhirnya  Perusahaan tersebut resmi dibuka di Menlo Park, California. Google menjadi sebuah perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya mereka adalah "Don't be evil".

Perusahaan ini memiliki peran dalam pencarian internet serta iklan online. Perusahaan yg berpusat Google memiliki basis di Mountain View, California dengan jumlah karyawan sebanyak 19.604 orang (data pada tanggal 30 Juni 2008).

Setelah Google Resmi diluncurkan, banyak yang memandang sebelah mata bahwa mereka tidak akan bisa meraih sukses. Pandangan tsb cukup masuk akal karena pada saat itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh pengguna internet, semua langsung menuju pada link situs website, Tetapi seiring berjalannya waktu, dengan Kerja Keras GOOGLE dapat membuktikan kepada Dunia bahwa IDE BESAR lary & Sergey Patut di AJUNGI JEMPOL

Bahkan orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesinpencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang. Sejarah Google ini membuktikan bahwa pandangan ke depan dari Sergey dan Larry telah berhasil membuat Google menjadi pionir di bidang mesin pencari internet.


Perjalanan & Perkembangan Google dari Waktu ke Waktu

Sejarah google menunjukkan yaitu tepatnya pada 4 September 1998, perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan saham pribadi. Adapun penawaran yang dilakukan dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Perusahaan tersebut telah mengumpulkan dana $1,67 miliar dan menjadikannya bernilai $23 miliar.

Adanya beragam jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan serta mitra menjadikan perusahaan ini menjadi luas dalam hal bisnis pencarian serta iklan. Pada mulanya areanya masih kecil, tapi akhirnya meluas hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, produktivitas perusahaan, pemetaan online serta bertukar video.

Pada tahun 1999 Google melakukan Siaran pers pertamanya yang mengumumkan mendapat suntikan modal sebesar $25 juta dari Sequoia Capital dan Kleiner Perkins.

Pada Mei 2000, Sepuluh versi bahasa Google.com pertama dirilis: Prancis, Jerman, Italia, Swensk, Suomi, Spanyol, Portugis, Belanda, Norsk, dan Dansk. Saat berita ini ditulis (2017), penelusuran Google tersedia di lebih dari 350 bahasa. pada tahun 2000 Google juga meluncurkan Google AdWords pada 350 pelanggan.

Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google ( baca PageRank ) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini awalnya terlihat tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting yang ada di blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien utama mereka seperti AOL, CNN dan Yahoo. Share Google mulai turun saat Yahoo lepas dari teknologi pencarian Google pada Februari 2004, hal itu dilakukan agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka (Pencarian Yahoo sendiri).

Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. 

Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.

Pada tahun 2012, Alexa menyebut Google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google lainnya seperti YouTube dan Blogger mereka masuk jajaran situs terpopuler.

Internet atau sering juga disebut dengan Dunia Maya menyajikan berbagai macam informasi dan hiburan. Mulai dari pelajaran sekolah, ilmu politik, berita terkini, film, musik, dan berbagai informasi lainnya bisa kita temukan di internet. Saking banyaknya informasi dan hiburan yang ada di internet, Anda tidak akan pernah habis untuk menelusurinya. Jutaan atau bahkan miliaran data baru dimasukkan ke dalam internet setiap harinya.

Internet memang layak disebut sebagai dunia tanpa batas. Dengan dunia tanpa batas itu, apakah kita bisa menemukan informasi ataupun hiburan yang kita inginkan ? 

Tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan mesin pencari. Diantaranya adalah Google. Anda bisa mengunjunginya di alamat www.google.com. Sejarah Google begitu panjang dan menggambarkan betapa kesuksesannya saat ini merupakan hasil dari kerja keras para pendirinya.


KEUNIKAN HARI ULANG TAHUN GOOGLE 

Nah tahukah kamu, bahwa tanggal ulang tahun Google ini kerap kali berubah-ubah lhoe ? Menurut laman Wikipedia, dan berbagai sumber lainnya, Google Resmi didirikansebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998

Tetapi Aneh nya pada ulang tahunnya yang ke-5 atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Setahun kemudian, ulang tahun Google ke-6 dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni pada 7 September.

Kemudian, pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, 26 September.

Nah Jadi, kapan sih sebenarnya Google berulang tahun ???

Dikutip dari IBN Live, awalnya Google itu memperingati hari lahirnya setiap pada 7September. Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal berdirinya perusahaan.

Namun, tanggal itu belakangan diubah. Google menyatakan bahwa 4 September adalah tanggal berdirinya perusahaan. Seperti yang disebutkan di atas, tanggal tersebut merupakan tanggal resmi pendirian perusahaan.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal itu dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Hingga tahun 2016 ini, Google masih menjadikan tanggal 27 September sebagai hari jadinya.


Pada ulang tahun ke-18, Google kembali merayakan hari jadinya dengan memajang doodle khusus. Doodle tersebut berupa animasi dengan logo Google yang sedang membuat balon bertuliskan "Google".

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tranding Topic Today